Let's Talk About MPKMB IPB 55

by - Agustus 23, 2018



Halo everyone~ I’m back hahaha. Jadi sekarang aku mau ceritain tentang MPKMB IPB yang baru selesai beberapa waktu lalu. Fyi, Alhamdulillah tahun ini aku lulus di IPB, kampus impianku sejak dulu. Aku bakal bahas semua tentang MPKMB termasuk formasi yang kemaren mecahin rekor dunia. Asikkk ada yang tau ga? hehe

Ospek di IPB itu namanya MPKMB yaitu Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru. MPKMB bukan kayak ospek pada umumnya, malah mungkin bukan disebut ospek. Karena disini ga ada kekerasan ataupun hal semacam itu. Malahan kita banyak seneng-senengnya menurutku apalagi waktu malam puncak MPKMB yaitu pas penutupannya>< PARAH DAH PETJAHH BGT dan bikin terharu:”) Spoiler dikit ye.

Sekitar akhir Juli, keluarlah pengumuman pembagian kelompok buat MPKMB. Aku dapat kelompok di Saga 3 Tunggajaya Legiun 17 Kaironi. Bingung? Oke aku jelasin dikit. Jadi di MPKMB itu ada 5 kelompok besar. Dari saga 1 sampe 5 dan punya warnanya masing-masing. Nama saganya pun bermacam-macam. Saga 1 namanya Saga Baswara dengan warna kuning, saga 2 namanya Cakradaya dengan warna hijau, saga 3 namanya Tunggajaya dengan warna merah, saga 4 namanya Amerta dengan warna biru, dan saga 5 namanya Saga Ambara dengan warna ungu. Setiap saga punya sekitar 700-an lebih anggota. Dan setiap saga itu punya 6 kelompok kecil disebut Legiun. Ada 30 legiun dimana setiap legiun itu anggotanya sekitar 130-an orang. Dan tentunya punya nama yang beda-beda. Aku sendiri ga hafal semuanya.-. Nah dipembagian kelompok itulah aku dapet Saga 3 Tunggajaya Legiun 17 Kaironi. Udah pahamkan ya? Setelah dapat kelompok, aku pc kaka PJK nya yang udah tertera di pengumuman itu biar kita masuk grup legiun yang mempermudah kita buat tau informasi seputar MPKMB.


Besoknya, keluarlah penugasan dan SOP MPKMB. Penugasannya ada individu dan kelompok. Jujur dalam hati, tugasnya banyakJ Ditambah lagi, banyak bahan-bahan yang ada di penugasan ga ada di daerahku-_- kan aku jadi bingung mau ngerjain apa sedangkan tugasnya buanyak. Manalagi udah banyak temen-temen yang ngerjain, kan aku ngerasa tertinggal.-. Pokoknya dibutuhkan banyak perjuangan untuk ngerjain tugasnya. Tapi gapapa aku tetap ngerjain dengan sepenuh hati wqwqwq. Btw dengan sibuknya ngerjain persiapan MPKMB artinya sebentar lagi aku bakal berangkat dan merantauL Gatau mau sedih atau seneng, kecampur aduk dah perasaanku.

Tepat 7 Agustus 2018 aku berangkat ke Bogor. Akhirnya, aku benar-benar pergi. Rasanya kecampur aduk. Dan pas di bandara, tiba-tiba kepikiran kenapa dulu aku mau kuliah jauh-jauh-,- Dulu, SEKALI pun aku ga pernah mikirin ini. Malah seneng banget bisa kuliah jauh-jauh. Tapi ternyata aku udah homesick duluan-_- Apalagi waktu udah sampe asrama, ayah ga bisa lama-lama karna udah harus ke bandara. Hujan air mata dah aku jadinya :’’ Yaelah ini malah curhat hahaha. Pokoknya tanggal 8 Agustus 2018, aku resmi jadi insan asrama. Buat yang gatau, IPB mewajibkan asrama pada tahun pertama. Jadi, mau rumah kamu satu langkah dari IPB tetap harus asrama.

Tanggal 11 Agustus, dimulai lah serangkaian kegiatan MPKMB. Tepatnya hari itu ialah Pra-MPKMB. Jam setengah 4 pagi bangun dan disambut dengan antrian di kamar mandi. Kumpul depan asrama jam 05:30. Dan jalan kaki ke GWW buat ngikutin serangkaian acaranya. Acaranya sampe sore. Sampe ke asrama jam setengah 6 sore. Kalau kata temen tuh, pergi masih gelap dan pulang udah gelap lagi. Capek? Capek pake bangettt-_- kira-kira begitulah yang bakal dialami selama MPKMB yang berlangsung 5 hari.


Sampailah pada H1 MPKMB. Waktu sampe ke GWW, udah disambut sama dekorasi yang bagus banget. Lighting nya keren abis. Aku jatuh cinta banget sama semuanya. Aku ga kebayang kalau MPKMB bakal seperti ini. Manalagi pematerinya juga orang-orang hebat seperti bapak Menteri Pertanian Indonesia yaitu Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, Bapak Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, MH yang banyak ngasih materi mengenai radikalisme, sambutan dari Walikota Bogor Bapak Dr. Bima Arya Sugiarto sampai bapak Rektor IPB, Bapak Dr. Arif Satria, SP, M. Si yang ga bosan-bosan ngasih materi. Terus ada penampilan dari Agri Aswara. Padus IPB yang kemaren menang juara 1 di Swiss. Mantap ga si? Dan juga Agri Aswara udah sering ikut perlombaan keluar negeri. Kalau liat mereka tampil secara LIVE, dijamin merinding sangking bagusnya. Fyi, MPKMB ga dibolehin bawa hp. Ga bisa bohong kalau dulu waktu tau ini aku mikir pasti bakal bosen dah tu, tapi ternyata ga juga. Karena di MPKMB ada aja kejutan yang bikin kita ga bosen seperti penampilan Agri Aswara tadi.

Begitu juga pada H2 MPKMB. Panitianya bener-bener mempersiapkan semua dengan baik dan jadiin momen MPKMB sebagai salah satu momen hidup paling berkesan. Waktu sebelum pembukaan H2, kami semua nyanyi bareng-bareng lagu yang diputerin panitia sambil kami angkat ecobag kami sesuai warna saga masing-masing dan mengalun mengikuti lagu. Untuk awal acara, bapak Dr. Ir. Djarat Martianto, Msi selaku Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemanusiaan memberikan materi mengenai tatib kehidupan kampus dan strategi belajar di IPB. Dilanjutkan dengan talk show dari alumni IPB yang telah sukses membangun wirausahanya seperti kang Aang Permana. Materi tak berhenti sampai disitu. Pada H2 ini pemateri luar biasa yang sangat ingin aku temui secara langsung ternyata hadir, yaitu Bapak Chairul Tanjung si Anak Singkong yang pasti kalian semua tau. He really motivating me. Beliau benar-benar tokoh yang luar biasa. Dan yang tambah bikin seneng adalah ketika beliau jalan keluar, beliau mengulurkan tangan dan aku pun salaman sama beliau. Itu rasanya ga bisa di ungkapin sama kata-kata. Lalu acara dilanjutkan dengan penampilan perkusi oleh eXplorasi ITK FPIK. Keren abis dah penampilannya. Tepukan tangan penonton ga henti-hentinya diberikan buat mereka. Setelah itu, kami turun aksi. Eitt.. bukan turun aksi beneran, tapi seperti simulasinya gitu.


Pada H3 MPKMB ini ialah faculty day gitu. Jadi kita dipisahin sesuai fakultas kita biar kita tau lebih banyak mengenai fakultas kita sendiri. Lagi-lagi, panitia MPKMB datengin orang-orang inspiratif yaitu Mahasiswa Berprestasi dari fakultas aku. Namanya Kak Retno Khoirunnisa. Kakak itu dari departemen Ilmu Ekonomi Syariah angkatan 51. Fyi again, Aku dapet IPB di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) di departemen Ilmu Ekonomi Syariah. Artinya kakak tersebut satu departemen dengan aku. Asikkk.. hidup ekonomi syariah! --lewat lewat-- Nah kakak ini, ngasih tips ke kami bagaimana beliau bisa jadi Mapres. Seperti IP dan IPK yang tinggi, ikuti perlombaan individu atau kelompok, kemampuan bahasa asing, sampai mengenai kontribusi kita terhadap masyarakat. Termotivasi ga? Pasti dong… siapa yang gamau jadi mapres kan? Aku mah mau banget. MPKMB hari ini diakhiri dengan game-game seru.

Lanjut H4 MPKMB. H4 ini masih dalam faculty day. Kami kedatangan alumni IPB terkhususnya dari FEM yang udah sukses menjalankan bisnisnya. Again and again, he really motivating me. You know what? i like to hear stories that can motivate me. For my opinion, it’s the best way to change me into a better person. Ya begitulah kira-kira.

Wah dah sampe aja ke hari terakhir MPKMB. Malam puncak MPKMB. Dimana hari ini MPKMB bakal berlangusng sampe malam. Malam terbaik sepanjang MPKMB. Hari ini dimana rekor dunia dipecahkan oleh mahasiswa baru IPB angkatan 55, Saga Agrisatya. Prok prok prok prok.


Jadi H5 ini hari dimana buat formasi. Formasi ini terdiri dari 55 formasi. Aku ga ikut dalam formasi tersebut. Kenapa? Karena aku ga dibolehin ikut sama kakak letra nya. Letra itu kakak yang bertugas mengenai kesehatan kita gitu atau tim medis selama MPKMB. Dan aku termasuk yang dapet pita kuning. Mau cerita sedikit, sebelum dimulainya MPKMB ini, ada pengisian mengenai kesehatan kita. Alhamdulillah aku ga punya penyakit yang parah atau semacam itu. Cuma aku punya alergi panas dan dingin. Alergi panas dan dingin? Gimana tuh? Jadi kalau aku kena panas yang terlalu lama dan panasnya itu panas banget itu bakal timbul bintik-bintik merah yang banyak kayak penyakit campak yang hilangnya lama tapi ga bikin gatal. Kalau alergi dingin, itu kalau cuacanya lagi dingin banget, jadi timbul kaligata dan itu gatal banget bisa menyebar ke seluruh tubuh dan bikin bengkak-bengkak. Dari sanalah aku dapat pita kuning yang harus di pake setiap MPKMB. Terus waktu Pra-MPKMB itu pernah ditanya siapa yang berpita yang kuat buat ikut formasi. Aku angkat tangan. Karena emang aku ngerasa kuat dan salah satu tujuan aku ya itu, mau ikut formasi. Pas ditanyain kakak letra aku ada riwayat apa, aku bilang kalau aku alergi panas dan dingin. Kakaknya langsung nyuruh aku ga usah ikut. Karena waktu formasi itu bakal panas banget dan berkemungkinan bakal lama. Khawatir kalau alergiku bakal dateng. Aku lama banget mikirin ini. Aku mau ikut, cuma itu yang aku pikirkan. Tapi kakaknya bersikeras bilang ga usah. Akhirnya aku terima dan berusaha ikhlas karena aku ga ikut. Betapa sedihnya aku waktu itu. Balik ke awal, karena aku ga ikut, aku dan temen-temen yang ga ikut diarahkan ke dalam gymnasium buat istirahat dan kami nonton live streaming formasinya di dalam. Terbukti sebelum dimulai formasinya, udah banyak yang drop dan ga sanggup yang akhirnya mereka masuk ke gym. Sampe kami yang di dalam gym ditanya lagi siapa yang merasa kuat buat ikut formasi, mungkin ini karena kekurangan orang buat formasi. Aku mau angkat tangan tapi nanti ga dibolehin lagi sama kakaknya kalau tau alergiku. Ketika kita mengajukan diri, kakaknya bakal nanya lagi punya riwayat apa dan kira-kira bakal sanggup ga buat ikut formasi. Karena banyak juga yang udah angkat tangan tapi gagal ikut karena tetep ga dibolehin.


Akhirnya formasi dimulai. Kami yang di dalam gym ngeliat live streaming nya sambil tepuk tangan, meskipun kami ga begitu jelas ngeliat bentuk seperti apa formasinya karena pengambilan posisi nya ga diatas tapi disamping, namun cukup bikin kami teriak puas sama kerja keras temen-temen semua.


Setelah selesai formasi, ternyata waktu yang dibutuhkan buat bikin 55 formasi itu 2 menit 56 detik. Formasi ini berhasil tercatat menjadi rekor dunia oleh Record Holders Republic (RHR) sebagai The Most 3D People Formation. Suara teriakan dan tepuk tangan tak henti-tentinya terdengar dari dalam gym maupun di lapangan tempat formasi dilakukan. Aku yang ga ikut formasi aja bangganya minta ampun, apalagi mereka yang turun langsung buat formasi. Ga bisa diungkapin dengan kata-kata apa yang dirasain waktu itu. Terima kasih buat teman-teman yang udah bekerja keras yaaa. Dan tak lupa pula makasih banyak buat panitia yang udah nyiapin ini berbulan-bulan. Kalian terbaik!!


Selesai formasi, kami balik ke asrama buat istirahat dan nyiapin diri untuk closing MPKMB yang kata kakak-kakaknya bakal berbeda dari MPKMB sebelum-sebelumnya. Kami kumpul lagi dan balik ke Gelora(tempat formasi tadi). Acara pun dimulai dan pak rektor yang resmi menutup MPKMB 55. Ga berenti sampe situ kok. Acara dilanjutkan dengan penampilan Bankrek Susu (Band Rektor Suka-Suka). Gelora disemaraki dengan nyanyian Banker Susu yang diikuti seluruh Saga Agrisatya dan panitia. Banker Susu menyanyikan 5 lagu saat itu. Oh iya, sebelum Banker Susu mulai tampil, pak Arif bilang kalau kami (mahasiswa IPB 55) beserta formasi yang berhasil mencetak rekor dunia itu lagi hangat-hangatnya diperbincangkan sama semua orang. Betapa bangganya kami saat itu. Kemudian, acara ditutup sementara untuk sholat maghrib, makan malam dan sholat isya.


Setelah sholat isya, acara dimulai kembali. Inilah permulaan surprise yang kakak-kakaknya bilang. Kami disuruh tutup mata dan menundukkan kepala. Karena waktu itu lagi di kasih pencerahan sama kakak dyaksa (komisi disiplin). Pas udah disuruh buka mata, semua lampu disini mati. Gelap pokoknya. Btw, sebelum acara dimulai tadi kami dikasih lightstick. Dan ternyata di panggung, muncul lah LED dance yang KEREN PARAH. Asli ini ga bohong, keren bangettt. Ditambah lagi ada semacam 3D Lighting Effect gitu yang bertuliskan Saga Agrisatya. Kece parahhhhh pokoknya. Seketika lapangan gelap tadi jadi bercahaya sama lightstick kami yang berwarna-warni. Aku ga henti-hentinya bilang “WAAHH” “WOW” “WAHH” “WOW” gitu terus sampe selesai.


Lanjut lagi, kami nonton hasil formasi tadi pagi yang mencetak rekor dunia itu. Asikk. Btw, setelah formasi dilakukan kami semua pada penasaran gimana hasil formasi. Apa aja bentuk dari 55 formasi tersebut. Dan malam ini ditayangkan sama panitianya. Kami bersorak sangking semangat mau liat hasilnya. Ternyata, hasilnya bener-bener ga mengecewakan. Lagi-lagi aku bilang “WAH” “WOW” untuk kesekian kalinya karena hasil formasinya bagus banget. Apalagi waktu bagian 321, bentuk pulau-pulau di Indonesia dan tulisan Institut Pertanian Bogor. Pas liat video ini tuh bener-bener dibuat merinding. Setelah selesai nonton, sangat disayangkan banget ternyata acaranya udah bener-bener selesai. Perasaan aku waktu itu, aku jadi ga rela MPKMB selesai. Soalnya aku suka sama panitia nya yang selalu ngasih kejutan-kejutan. Setelah di tutup dengan doa, kami menyanyikan Jingle MPKMB 55 yang dinyanyikan oleh Angan Senja. Semuanya bersorak senang karena malam ini emang malam yang luar biasa banget. Kejutan ga sampe disitu, tiba-tiba kakak panitia diatas panggung bilang kalau ada kakak PJK udah menunggu kami di asrama dan kami harus sudah keluar dari Gelora dalam waktu 10 detik. Kami berbondong-bondong keluar dengan berlari sambil berterima kasih kepada setiap panitia yang kami temui sepanjang jalan menuju asrama. Berterima kasih karena telah memberikan malam puncak MPKMB jadi sangat berkesan buat kami serta tak lupa kerja keras kakak panitia yang buat kami sebahagia ini. Pas disepanjang jalan depan gerbang asrama, ada lilin yang menyambut kami. Karena waktu itu udah malem, lilin itu keliatan cantik banget dan ada kakak PJK nya juga disana yang selalu nyemangatin. Wahhh akhirnya MPKMB bener-bener selesai dan kami udah sampai di asrama.


Itulah segelintir cerita mengenai MPKMB 55. Momen MPKMB bener-bener bikin aku seneng, sedih, bangga, terharu, capek, dalam waktu bersamaan. Aku jadi setuju sama kakak panitia yang ga ngebolehin kami bawa hp. Karena menurutku, ini momen yang ga bisa cuma di tangkap dan di rekam melalui kamera hp, tapi ini harus di tangkap dan di rekam oleh mata kita sendiri. Kalau setiap acara direkam lewat hp, kita ga bakal fokus dan ga khidmat dalam menikmati acaranya. Kalau direkam oleh mata langsung, kita bakal inget setiap momennya karena diri kita yang menikmatinya bukan kamera hp. Dan paling utama dari semuanya adalah makasih banyak buat kakak leksa, letra dan dyaksa dari Kaironi. Makasih buat semua bimbingan, semangat, perhatian dari kakak-kakak semua. Beruntung banget punya kakak-kakak seperti kakak Kaironi. Dan ga lupa juga makasih banyak buat semua panitia MPKMB yang udah berjuang keras buat nyiapin MPKMB ini dengan sangat menakjubkan. Rekor dunia yang kami lakukan juga atas kerja keras panitia. Karena dibalik acara yang hebat terdapat panitia yang hebat pula. Semangat buat temen-temen dan kakak-kakakJ Lancar kuliahnya yaa^^


Oh iyaa, kalau kalian penasaran gimana jalannya MPKMB, bisa di cek tu di instagram : mpkmbipb dan youtube channel : Multimedia MPKMB IPB. Mager? yaudah ini link buat nonton formasi di MPKMB 55 : https://www.youtube.com/watch?v=n9sumQqCOUc Kurang baik apa lagi coba ini wkwk. Btw, selamat menyaksikan dan terima kasih telah membaca^^

You May Also Like

0 Comments